Atas(ada)

5 Tips Membuat Judul Artikel Yang Menarik Dan SEO Friendly

Cara membuat judul artikel yang menarik dan SEO Friendly — pertama-tama saya mau bertanya dulu nih kepada kamu semua yang membaca artikel ini apa yang membuat kamu mempunyai niat untuk mengunjungi dan membaca artikel ini? Tapi jangan dijawab dulu deh biar saya yang menebaknya.

Kamu mengunjungi dan membaca artikel ini karena melihat dan tertarik dengan judulnya kan? Hayoo ngaku aja deh hehe๐Ÿ˜‚

Tidak bisa dipungkiri judul adalah hal yang paling penting dari artikel blog. Eh tapi bukan cuma artikel blog saja yang mengandalkan judul untuk menarik perhatian orang(ingat bukan perhatian mantan lho ya).

Film, iklan, acara tv, sinetron semua itu mengandalkan judul untuk menarik perhatian orang. Dengan membuat judul yang menarik hal ini diharapkan orang-orang juga akan tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

Tapi pembuatan judul untuk jaman sekarang banyak dimanfaatkan orang yang hanya mengejar keuntungan sesaat. Kita lihat saja di sosial media sangat banyak link-link dengan judul yang bombastis yang membuat kita penasaran dan membuat tangan gatal untuk mengklik link itu karena penasaran “apa sih ini?, Kok kyk gini?”.

Tak heran juga dengan mengandalkan berita-berita yang ngetren jaman sekarang. Dan negara kita sekarang ini sedang darurat berita hoax. Semua itu karena penyalahgunaan fungsi judul dan kita sendiri yang kurang mampu untuk memilah dan memilih mana berita yang harus kita percayai.

Duh jadi melenceng jauh gini haha. Tapi tidak apa-apa sedikit curhat aja. Ok deh langsung saja kita ke point pertama dari tips ini silahkan disimak.
Cara membuat judul artikel yang menarik dan SEO friendly
5 tips cara membuat judul artikel yang menarik dan SEO friendly

1# buat judul blog yang mengandung keyword

Dengan menyisipkan keyword ke dalam judul artikel kita berpotensi untuk bisa tampil di search engine misalnya google. Kenapa hal ini harus dilakukan? Kita tentu sudah tahu cara penggunaan search engine. Kita mengetikan beberapa kata Di search engine lalu muncullah informasi yang kita inginkan.

“Lalu bagaimana cara memasukkan keyword ke dalam judul artikel?”

Mudah saja, disini saya anggap kamu sudah mempunyai keyword yang sudah kamu siapkan untuk dibidik. Misalnya keywordnya itu “cara melupakan mantan” contoh judulnya seperti dibawah ini
  • Cara melupakan mantan yang ampuh dan cepat tanpa repot
  • 5 tips cara melupakan mantan agar kamu cepat move on
  • 10 tips cara melupakan mantan. Nomor 7 bakal bisa membuat mantan menyesal

Nah dari contoh judul diatas bisa dilihatkan ada kata “cara melupakan mantan” yang dimana itu adalah kata kunci yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

2# buatlah kalimat yang mengundang klik

“Kalimat yang mengundang klik itu seperti apa sih sebenarnya?” Kalimat yang mengundang klik itu adalah kalimat yang menarik, yang membuat orang penasaran, yang membuat orang-orang membuka artikel kita.

Contohnya seperti apa? Kita ambil contoh seperti diatas tadi. Coba saja bandingkan judul yang seperti ini.

Cara melupakan mantan

Dengan
Judul yang ini

10 tips cara melupakan mantan secara ampuh dan cepat. Nomor 7 dijamin membuat mantan menyesal

Dari perbandingan dua judul di atas kamu tertarik untuk mengklik yang mana? Kalau tertarik memilih yang nomor dua berarti kita sama. Kira-kira begitulah sedikit gambarannya. Mudah-mudahan kamu paham ya.

3# kamu bisa menggunakan angka dan daftar untuk judulmu

“Menggunakan angka dan daftar disini maksudnya bagaimana?” Ok maksudnya begini, akan saya beri contohnya, kamu pasti akan langsung paham. Contohnya begini.

  • 6 daerah angker yang ada di jawa barat
  • 7 daftar orang paling kaya di indonesia
  • 9 orang indonesia yang sukses ngeblog dan menjadi full time blogger
  • 7 tips mendapatkan pacar wanita cantik
Bisa dimengerti kan dari judulnya saja? Kalau saya pribadi semakin banyak angka yang kamu buat judul berarti semakin banyak informasi yang akan didapat. dan saya juga akan semakin memilih untuk mengklik artikel yang semakin banyak daftarnya. Contohnya begini.

3 tips mendapatkan pacar wanita cantik.

Coba bandingkan dengan contoh judul yang seperti ini.

15 tips cara mendapatkan pacar wanita cantik.

Kalau saya sih memilih judul yang bawah karena mungkin saya bisa dapat tips lebih banyak dari yang atas. Dan saya pikir kebanyakan orang juga akan memilih yang bawah juga. Kira-kira begitu.

4# gunakan huruf kapital/huruf besar di setiap awal kata

“Apakah ini berpengaruh dan harus dilakukan?” Entah, tapi saya dulu pas awal-awal ngeblog pernah di marahi oleh teman saya sesama rekan blogger

judulmu ganti tuh. Judul di artikel blog harus menggunakan huruf besar disetiap awal kata. berapa tahun sih lu ngeblog? -_-”

setelah saya cek di blog-blog yang sudah terkenal seperti maxmanroe.com dan panduanim.com ternyata benar. Mereka m3nggunakan huruf besar di setiap kata pada judulnya. Dan yang saya perhatikan lagi ternyata kata yang tidak diberi huruf besar di awal itu cuma kata penghubung contohnya kata yang, di, ke, dan dll.

akhirnya saya pun meniru hal itu dan kini berbagi ke kamu semua. Untuk contoh judulnya seperti ini.
  • Cara Membuat Nasi Goreng yang Enak dan Lezat
  • Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan Mengundang Klik.
Kira-kira seperti itu. Kamu bisa menerapkan di judul artikel blog kamu.

5# buat judul yang relevan dengan artikel

Membuat judul yang relevan dengan artikel menurut saya itu sangat penting. Kenapa ini saya anggap penting? Karena hal inilah indonesia mengalami darurat berita hoax.

Kita bisa lihat di media sosial atau di iklan-iklan internet dengan judulnya yang bimbastis misalnya “wow,,,pria ini membagikan tips cara menghasilkan uang 5juta dalam 2 jam. Simak caranya” pas dibuka,,eh malah mengarah ke sebuah situs yang isinya kampanye capres
-_- bagaimana tidak kesal kan?.

Untuk itu disini saya mengajak kepada para blogger indonesia semuanya mari kita ciptakan internet indonesia yang bersih dan informatif tanpa berita hoax. Membuat judul yang menarik itu sebuah keharusan tapi seimbangkan juga antara judul yang menarik dan konten yang informatif, berbobot dan berguna untuk pembaca.

Penutup

Itu dia 5 tips cara membuat judul yang menarik dan SEO friendly. Saran saya jangan menipu pengunjung artikel mu dengan judul bombastis tapi isi kontennya sampah. Sebagai blogger kita harus bisa menyajikan informasi yang valid dan berguna untuk pembaca. See ya๐Ÿ˜€

4 Responses to "5 Tips Membuat Judul Artikel Yang Menarik Dan SEO Friendly"

  1. Dulu saya pernah membuat judul artikel sangat tidak tertarik jika dibaca oleh sendiri apalagi sama orang lain dan waktu itu tidak ngerti besar kecilnya, Alhamdulillah ada pencerahan ini terima kasih info blogging-nya bermanfaat untuk saya belajar blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mas,,,kita belajar bareng mas,,

      Hapus
  2. yap kadang suka kesel sama judul yang "clickbait" judulnya apa isinya apa. point terahir di postingan ini ngena banget bang hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi setelah kemarin ada kasus penganiayaan taunya operasi plastik,,,wkwk

      Hapus

Silakan berkomentar memberikan kritik,saran dan masukan untuk blog ini.
Juga jangan lupa meninggalkan jejak.

Atas

Tengah atas(ada)

Tengah bawah

bawah(ada)