Iklanheader(ada)

Begini Cara Saya Menulis Dan Memposting Artikel Bagaimana Menurutmu?

pada postingan kali ini saya akan menceritakan cara saya dalam menulis dan memposting artikel di blog. Perlu diketahui kalau saya ngeblog menggunakan smartphone android, termasuk menulis dan memposting artikel blog.


Memang ada beberapa kelebihan dan kekurangan ngeblog melalui android dipostingan saya yang sebelumnya sudah pernah saya ulas tentang hal ini silakan buka saja disini. Karena hal ini juga mata saya minusnya jadi bertambah. mungkin karena layar smartphone yang sempit.

Mrnulis artikel blog

Ok langsung saja yang pertama akan saya share disini adalah tools yang saya gunakan untuk menulis artikel. Yang pertama adalah

1. Aplikasi google docs

Yang pertama adalah aplikasi google docs. Aplikasi ini saya pakai untuk menulis artikel yang akan saya posting ke dalam blog. Didalam aplikasi ini fiturnya lumayan lengkap. Seperti penggunaan blod,italic dan underline. Dan juga rata kiri,rata tengah,rata kanan. Ada juga fitur penomoran menggunakan angka atau titik. Dengan aplikasi ini kamu juga bisa menyisipkan gambar,link dan juga membuat tabel. Fitur pemilihan font,warna font,dan juga undo redo. Owh iya di aplikasi ini juga ada fitur penghitung kata. Jadi kitwa juga bisa tau sudah berapa kata artikel yang kita buat. Pokoknya lengkap deh. Aplikasi ini saya rekomendasikan banget buat kamu yang ngeblog lewat android seperti saya.

2. Browser

Browser disini saya menggunakan puffin web browser. Tapi bebas sih mau pakai apa saja yang penting mendukung mode dekstop. Tapi saran saya kalau tidak puffin web browser ya google chrome itu browser yang powerfull menurut saya diandroid.

3. Aplikasi note/catatan

Untuk aplikasi yang ini saya fungsikan berbeda. Jadi begini terkadang saya juga membuat aplikasi rewrite dan tentu saja membutuhkan beberapa referensi. Nah jadi saat saya mendapat tulisan artikel rujukan saya copy paste ke aplikasi ini. Lalu saya mencari referensi lagi sampai lengkap dan ada nilai lebih untuk artikel rewrite saya.
Nah saat hasil artikel copy paste dari berbagai sumber itu terkumpul di aplikasi note yang ini, saya menggunakan aplikasi catatan bawaan hp untuk menulis ulang artikel nya. Dengan begitu artikel kita terlihat unik dan punya nilai lebih juga.

Nah setelah tools tools yang saya gunakan sudah saya share sekarang saya akan share juga cara yang saya lakukan dalam menulis dan memposting artikel ke blog. seperti inilah langkah yang saya lakukan.

1. Mencari referensi
Mencari referensi ini saya khususkan buat kamu yang mau membuat artikel rewrite atau menulis ulang artikel yang sudah ada. Jenis artikel seperti artikel tentang asal usul,kisah sejarah,kisah inspiratif kebanyakan kita dapat dari referensi misalnya internet atau blog lain. Setelah kita mendapat referensi lalu kita tulis ulang jangan lupa juga cantumkan link sumbernya. Tapi bila kamu menulis yang langsung berasal dari ide kamu, kamu bisa langsung melompat ke langkah kedua.

2. Mulai menulis jangan berhenti sampai selesai

Dari sini mulailah menulis jangan berhenti apabila belum selesai. Mau tulisan kamu typo,mau salah kata,mau kurang spasi yang penting tulis saja dulu. Kenapa begitu? Saya melakukan hal ini agar ide yang ada dikepala ini tidak terus hilang. Apalagi seorang yang pelupa seperti saya ditinggal bikin spasi saja kadang ide langsung hilang.

3. Edit dan perbaiki

Nah kalau dirasa tulisanmu sudah selesai dan semua ide sudah kamu tuangkan dalam tulisan,inilah saatnya kamu memperbaiki tulisanmu. Tulisan yang typo,kurang spasi,kurang paragraf,atau kalimat yang kurang sesuai kamu perbaiki disini.

4. Posting dan perbaiki lagi

Nah kalau tulisanmu sudah kamu perbaiki saatnya kamu posting. Kamu tinggal copy paste saja artikelmu kedalam postingan di bloggernya. Disana juga jangan lupa kamu perbaiki lagi periksa paragraf,kata yang typo dll.

Disana juga jangan lupa untuk memberi gambar,memberi link bila perlu,menambahkan label,setting custom permalink dan menambah description artikel.

5. Cek lagi artikel yang sudah terposting

Nah saat semua dirasa sudah selesai dan artikel sudah kamu publish. Kamu juga perlu mengeceknya lagi di halaman artikel baru kamu di blog yang baru saja kamu publish. Cek artikel sudah sesuai labelnya atau belum,cek link yang kamu buat sudah benar atau belum,cek url permalink yang kamu buat,penggunaan huruf tebal,huruf miring sudah sesuai dengan yang kamu lalkukan atau belum.

Posting artikel blog

Nah bila kamu sudah sampai langkah terakhir diatas berarti yang kamu lakukan sudah selesai. Apabila ada kekurangan kamu bisa edit lagi artikelnya. Itulah cara saya menulis dan memposting artikel di blog menggunakan android. Bagaimana menurutmu? Ribet tidak? See ya๐Ÿ˜

6 Responses to "Begini Cara Saya Menulis Dan Memposting Artikel Bagaimana Menurutmu?"

  1. Yups, sebelum dipublish aku juga membiasakan selalu Edit dan Perbaiki.
    Kalau semua dicek sudah tepat, baru aku berani publish.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas,,tapi kadang ada yg ketinggalan juga typo nya hehe

      Hapus
  2. Wah mas Eko ini sangat menarik, sepertinya saya harus banyak belajar jika menyoal tentang ngeblog pakai HP, jujur mas, saya mengalami kesulitan. Bingung, layarnya sangat kecil. tapi saya akan coba cara ini. oh ya soal Typo, ampun mas, sangat banyak sekali tulisan saya yang seperti itu. termasuk titik koma dan lain sebagainya setelah dipublish, kemudian baca ulang eh ternayata parah...ya harus banyak belajar ne saya. Terima kasih mas, suka bangat tips ini. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga mas. Ya begitulah ngeblog menggunakan smartphone banyak keuntungan banyak juga kerugiannya. Tapi yang paling teraasa keutungannya adalah kita bisa menulis kapanpun dan dimanapun tanpa harus membuka pc. Soalnya untuk orang yang pelupa seperti saya menunggu untuk membuka pc saja ide itu langsung menguap dan menghilang. Hehe

      Hapus
  3. diendapkan semalam lalu diedit. Setelah itu publish

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku baru tau nih cara yg kyk gini,,kira kira efeknya apa bu?

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 ada

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel ada